Jalan-jalan ke Curug Ngebul di Cianjur Selatan, Bersih lho!


Hutan Bambu di dekat Cibeber

Ceritanya, hari Senin minggu kemarin ngeliat post di grup Bikepacker Kaskus, tentang Curug yang katanya masih asri dan masih jarang yang datang. Berhubung udah beberapa bulan gak jalan-jalan naik motor, sejak hari Senin itu lah kepikiran buat jalan-jalan:mrgreen:

Ajak sana-sini gak ada yang bisa(udah pada kerja, beda sama waktu kuliah dulu 😁), karena mendadak juga mungkin ya, akhirnya jalan sendiri, the show must go on dude!

Oke, langsung ke cerita utamanya ya

Jam 6 Pagi start dari rumah, mampir ke Pom Bensin buat isi full tank, udah disambut ujan gede aja, untung udah siap-siap pake jas hujan sama sepatu waterproof ✌✌

Jalurnya lewat Bogor→Ciawi→Puncak→Cianjur→Cibeber→Sukanagara→Curug Ngebul, sampe Cianjur masih normal seperti biasanya, cukup 2 jam udah nyampe di Cianjur.

Istirahat sebentar buat mampir ke Minimarket, beli makanan sama minuman, berhubung katanya belum ada warung makanan di sekitar Curug.

Setelah itu melewati aspal yang cenderung halus dari Cianjur hingga Sukanagara, demgan lalu lintas yang lumayan sepi, jadi asik buat cruising di 50-60km/h, dengan kecepatan segitu(plus berhenti beberapa kali buat foto-foto pemandangan), butuh 2 jam untuk sampai ke Sukanagara, kota kecamatan terakhir sebelum Curug.

Kebun Teh Pasir Nangka

Menurut GoogleMaps, dari Sukanagara seharusnya cukup 60 menit lagi udah nyampe di Curug, ternyata harus pake nyasar dulu, duh!, nyasar karena saking semangatnya, belokan ke curug kelewatan, dan akhirnya butuh 1,5 jam buat kembali ke jalan yang benar 😅😅😅

Setelah bertemu jalan yang benar, ternyata medannya sangat menantang, pematang sawah yang lebarnya cuma 40-80 cm, ada yang terjal dan licin karena basah, yah apa mau dikata, namanya daerah pegunungan, dinikmati aja. Oh ya, karena daerahnya bergunung-gunung rumah-rumah penduduknya berkumpul sedikit-sedikit di tempat yang cukup datar, diselingi lahan sawah dan kebun penduduk.

Pemaang sawah, entah kenapa routing di GoogleMaps mobil bisa masuk
Setelah nanjak-nanjak: Pemandangan Plato Selatan Jawa Barat

Setelah lewat jalan selebar 2 motor itu kira-kira selama 90 menit, akhirnya bisa sampai di kampung terakhir sebelum curug, mampir dulu untuk makan mi instan, buat penghangat tubuh setelah kehujanan tadi.

Langsung lanjut ke air terjun, motor sudah disediakan parkir di dekat pintu masuknya, jadi lebih mudah mencapainya. Dari parkir motor, cukup 10 menit sudah sampai di Puncak Selfie(serius, itu nama yang ngasih pengelola curugnya 😂), sayang karena habis hujan jadi berkabut. Oh ya, sekarang guidenya bocil-bocil anak desa sini, Zaenal dan Dede, disuruh akangnya yang jaga pos masuk.

Karena namanya puncak selfie, boleh dong selfie dulu

Setelah di atas, bisa turun ke bagian bawah Curug untuk pemandangan lainnya, Air terjun setinggi 100 meter lebih!(ini kata si Zaenal, kata Akangnya sih 113 meter, gak tau mana yang bener). Berhubung sepanjang hari hujan, jadi pas gue dateng ya cuma diri ini pengunjungnya, berasa tempat wisata pribadi 😜

100 meter vs 180 cm 😅
Bersih!

Ada camping ground-nya juga!

Kesimpulan atas perjalanan ini, gak sia-sia ngabisin waktu 6 jam, curugnya masih(semoga selalu) bersih, pemandangan di perjalanan yang mengagumkan, sampah yang dibuang pada tempatnya, fasilitas yang masih terus dilengkapi, penduduknya yang ramah dan harganya yang relatif terjangkau, membuat curug ini cocok dikunjungi di akhir minggu.

Perjalanan pulang memakai rute sebaliknya, sehingga karena tidak ada pemandangan baru, dan tentunya tidak nyasar, perjalanan jadi lebih cepat, cukup 5 jam dari Curug ke Bogor, sampai jam 7 malam sudah menikmati hangatnya kasur rumah. 🏃🏃🏃

Summary

  • Jarak Total:360 km
  • Bensin: ~70000 Rupiah
  • Tiket Masuk: 7500 Rupiah
  • Parkir: 5000 Rupiah
  • Makan dan Snack: 75500 Rupiah

Rute

See you on next trip!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s