Tips Perawatan Sepeda Motor di Musim Hujan


Di Indonesia, hujan menjadi teman sehari-hari kita yang tinggal di negara tropis. Curah hujan yang tinggi mampu menghilangkan pelumas yang menempel pada bagian-bagian penting motor. Untuk menjaga keawetan bagian-bagian penting itu, kita perlu menjaga pelumasannya.

Motor di Musim Hujan
Motor di Musim Hujan di Kota Hujan

Berikut adalah part yang harus dilumasi/dicek pelumasannya:

1.Rantai Roda

Rantai Roda harus selalu di cek pelumasannya, mengingat fungsinya yang vital. Ketika rantai roda kurang pelumasan maka selain datangnya karat pada rantai, gesekan yang terjadi lebih besar sehingga usia pakai rantai berkurang. Perlu diingat dalam melumasi rantai, lumasilah hanya bagian yang bergesekan saja, artinya semprot dari bagian dalam rantai yang bersentuhan dengan gear..
Dengan konstruksi rantai roda yang terbuka, kita perlu membersihkan dulu kotoran yang menempel di rantai, untuk rantai tanpa O-Ring dapat dicuci dengan larutan penetrant setelah rantai bersih dan kering, untuk rantai dengan O-Ring, gunakan air saja dan hati-hati agar O-ring tidak rusak. Setelah rantai bersih, maka kita dapat melumasi rantai roda.

2.Steering Cone atau Komstir

Komstir, walaupun jarang diganti merupakan salah satu bagian yang menyumbang dalam akurasi pengendalian motor. Saat musim hujan, lapisan grease(gemuk) yang melindungi komstir dapat hilang, karenanya kita perlu melumasi komstir. Melumasi komstir dapat dilakukan dengan membuka terlebih dahulu  cover bodi depan(untuk motor bebek dan matik), ataupun langsung disemprotkan pada bagian yang bergesekan untuk motor batangan.

3.Ball bearing atau Laher Roda/Gir

Laher roda menjadi menyebalkan ketika sudah rusak, pengendalian menjadi tidak nyaman. Laher Roda perlu unutk dilumasi, karena grease yang ada dapat hilang oleh air hujan yang terus menerus. Menjaga pelumasan laher roda dapat membuat pemakaian lebih lama. Caranya dengan membuka ban dan membuka cover laher, selanjutnya berikan pelumas sesuai kebutuhan.

Perlu diingat kapan kita melakukan pelumasan, karena seiring dengan hujan yang datang kita perlu melakukan pelumasan lagi. Pelumasan yang baik adalah pelumasan yang mampu menjaga komponen bergerak dengan lancar, karenanya penggunaan oli mesin bekas tidak dianjurkan, karena mengandung banyak partikel halus dari dalam mesin, yang membuat pelumasan tidak maksimal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s