Heart of Java Adventure – Final Part

Setelah sebelumnya berpisah di Jogja, ternyata teman-teman tidak kuat menahan kantuk, malahan tidur dulu, daan tempatnya pun di pinggir sawah, sekitaran ruas Jogja-Wates, mungkin saking lelahnya, tempat di pinggir irigasi itu, terasa nyaman untuk ditiduri, tak peduli siang hari dan jadi perhatian orang yang melintas :p

Mulai Melipir di Pinggir Sawah

Setelahnya, sebelum saya kembali bertemu di rumah M. Arief, teman-teman menyempatkan diri, mampir ke pantai (maklum, ingin melengkapi destinasi mulai dari gunung sampai pantai :mrgreen). Simpan box dan perlengkapan sebentar di rumah, langsung tancap ke pantai Menganti, Kebumen, medannya yang sulit dan fasilitas wisata yang belum lengkap, menjadikan pesonanya belum terlalu banyak dilihat orang, ini dia foto-fotonya, sayang menjelang gelap, sehingga hanya sedikit kesempatan mengambil foto.

Jalur Lurus di Gombong - Pantai Ayah
Jalur Lurus di Gombong – Pantai Ayah
Suasana di Sekitar Pantai, Kereeen!

PAntainya memang berbentuk tebing, karena merupakan bagian dari Kawasan Karst Gombong, sehingga bentuk pantainya bermacam-macam dan unik. Banyak objek wisata lainnya yang bisa dikunjungi di selatan Kebumen, seperti Goa Petruk, Pantai Petanahan, dan tentunya pantai-pantai yang belum banyak dilihat seperti Pantai Menganti ini.

Malamnya, sekitar jam 7, saya kembali bergabung dengan teman-teman, setelah melepas rindu ke simbah di Kutoarjo, malam itu kita menginap di rumah M. Arief, baik banget lho keluarganya, sudah diberi tempat untuk tidur, diberi makanan pula😀. Paginya, kami terbangun di desa yang asri, cahaya matahari yang menyusup di antara tanaman perkebunan yang rimbun, indah sekali untuk dinikmati. Setelah sarapan dan pamit, kami siap memulai perjalanan ke Cilacap.

Desa yang Asri

Gombong Cilacap ditempuh lewat jalur alternatif selatan, yang relatif mulus, sehingga perjalanan akan lebih cepat daripada lewat jalur utama. Terjadi sedikit insiden, dimana motor saya tanpa sengaja ‘menyundul’ motor penduduk lokal, yang tiba-tiba berbelok, untunglah hanya luka lecet saja. Selain itu, tanpa sadar ponsel Yoga terjatuh dari kantungnya, sehingga harus putar balik mengambilnya, hehehe :mrgreen. Alhasil, Gombong-Cilacap yang seharusnya ditempuh dalam 2-3 jam saja harus ditempuh selama 4,5 jam. Di Cilacap, seperti biasanya, kami menumpang mandi air panas di Kolam Air Panas Cipari, lumayan untuk menghilangkan penat berkendara di sepeda motor 6 hari berturut-turut. Disini saya pun menyempatkan diri mengganti kampas rem depan Pulsar, untung ada dealernya, hehehe

Desa Cipari, Cilacap

Di Cilacap, kami hanya sampai jam 12 malam saja, dengan terpaksa Ibni ditinggalkan karena masih ada yang harus dikerjakan di desanya. Menembus gelapnya malam, kami berpacu dengan waktu, agar tidak terkena kemacetan di Bandung, sehingga harus ada di Padalarang sekitar jam 7 pagi, tengah malam motor terus dipacu, sampai saya tidak tersadar jas hujan yang diikatkan di tas terjatuh, untung Miqdad berbaik hati mengambilnya :mrgreen. Jam 8 pagi, kami sudah sampai di Cianjur, menikmati sarapan bubur cianjur yang terkenal enak, hujan yang menemani sejak jam 5 pagi di Nagreg membuat kami sampai menambah porsi bubur ayam tersebut, hehehehe

Cilacap - Bogor, Dingiin!
Cilacap – Bogor, Dingiin!

Dengan asumsi 2 jam antara cianjur-bogor, seharusnya kami sampai jam 10 siang di Bogor, namun baru jam 10.30 kami sampai di Bogor, karena di Puncak kabut sedang tebal dan ada longsor di dekat Ciloto. Sampai di Bogor, kita berselebrasi, membuat ledakan Cola! Rasanya begitu senang, banyak hal baru yang telah kita lihat, kita rasakan, kita alami di jalanan, semoga pengalaman ini tidak menjadi yang terakhir🙂